Selasa, 11 November 2014

Cerdas Bersama TIK




Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tidak pernah lepas dalam keseharian kegiatan ajar mengajar ditempat saya bekerja sebagai pendidik. TIK menjadi bagian utama yang sangat penting untuk kebutuhan proses pengajaran, karena dengan TIK kami dapat memberikan pengetahuan lebih kepada murid didik.

Keseharian aktivitas dan sistem pengajaran kami berpola dari materi (lesson plan) yang dikembangkan dengan browsing, download dan review pengetahuan dan ilmu-ilmu pengajaran dari dalam dan luar negeri.

Future Kid Jatibening Montessori School adalah sekolah untuk anak usia 2-5 tahun biasa kami dinamakan Kiddy dan Kidergarten School. Walaupun latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja tidak begitu menitik beratkan pada dunia sekolah, tetapi saya memiliki keyakinan dengan belajar dan rasa ingin tahu tinggi, saya pun dapat memiliki pengetahuan yang sama seperti pengajar umumnya meski memang dengan melewati proses pengalaman kerja terlebih dahulu serta melihat dan mengamati cara penyampaian guru-guru disekolah.

TIK sangat membantu  untuk kembangkan pengetahuan dan komunikasi anak dalam berbahasa, termasuk bahasa inggris yang merupakan bagian dari keseharian komunikasi kami. Sekolah mengajarkan dua bahasa komunikasi (billingual), berbahasa inggris  kadang menjadi masalah penting bagi orang tertentu yang memiliki kekhawatiran untuk kesalahan grammar,  juga menjadi penghalang untuk lebih berani belajar berbahasa Inggris. Tetapi dengan TIK memberikan kemudahan mempelajari secara audio visual dan menarik minat anak lebih tinggi.

Kegiatan yang biasa kami lakukan diantarnya adalah menonton bersama (movie education), setelah kami dapatkan film edukasi dengan cara download di youtobe, kata kunci movie education for kid/kiddy membawa anak-anak dalam keseriusan menonton yang kami pindah data tersebut di televisi dengan bantuan kabel data.
                                     Dok. Pribadi: menonton film edukasi

Kegiatan lainnya adalah pada saat dikelas saya mengajar, tema yang sedang kami sampaikan keperserta didik berupa bagian tumbuhan, saya komunikasikan tema tersebut dengan penambahan kosa kata baru kepada anak-anak, kemudian membuat keterampilan yang bisa dilalukan anak usia tiga tahun kurang, berupa: menempel, mencetak dan mewarnai. lalu mereka mengenal warna serta bagian-bagian dari tumbuhan. Secara langsung mereka telah melakukan kreatifitas motorik dan mengenal warna di iringi berbahasa inggris.

Sebelum kegiatan keterampilan (craft), saya sajikan terlebih dahulu menonton video hasil download dari youtobe tentang tumbuhan, dan mereka pun asik menikmati tontonan tersebut, karena ketertarikan mereka berupa warna dan adanya iringan musik sehingga membuat anak lebih nyaman belajarnya.


                                         Doc. Pribadi keterampilan mewarnai

Hasil karya mereka kami tempelkan dimading sekolah membuat mereka bangga begitu pula orangtua atau walimurid.


                                                      Doc. Pribadi: Flower Craft

Kegiatan lain manfaat dari TIK adalah kami dapat mengunduh lagu dari lagu anak Indonesia sampai dengan lagu edukasi berbahasa Inggris. Umumnya anak-anak suka karena mudah dinikmati dengan sajian gambar dan musik yang mudah dicerna, mereka pun mudah mengingat syair dan lagunya.


                                  Dok. Pribadi: menonton dan mendengarkan musik

Dari lagu-lagu berbahasa Inggris dengan tampilan gambar membawa kami dan perserta didik menjadi lebih nyaman mengikuti irama dan kami bisa mengkombinasikan tema-tema didikan pada saat itu.

Menjelang dua tahun mengajar bagi saya TIK membawa dampak sangat baik dalam perkembangan bahasa inggris, edukasi serta informasi-infromasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, karena TIK membuat  kami bisa lebih menambah wawasan pendidikan kepada sesama guru didik dan anak murid. Tak segan kami juga berbagi ilmu tentang TIK kesama pengajar, karena untuk kecerdasan bersama kami saling  terbuka dan berbagi ilmu dalam mengembangkan pendidikan terutama untuk penambahan ilmu pada diri sendiri yang berpengaruh luas kepada perserta didik dan keluarga. 

Dari informasi dan didikan yang saya sampaikan disekolah, tidak serta merta saya simpan hanya disekolah, saya bagikan kembali kepada anak-anak kami dan teman-teman yang membutuhkan penambahan informasi lewat TIK. Terbukti dengan TIK dan arahan yang saya sampaikan kepada anak-anak, mereka pun turut menikmati ilmu dan pengetahuan dari belajar bahasa Inggris, matematika dan bahasa Indonesia juga manfaat lainnya.


                               Dok. Pribadi: kebersamaan anak-anak menikmati TIK

Terlihat ketika mereka asik menikmati lagu-lagu dan film edukasi yang saya telah bagikan tablet mereka. hasilnya pun luar biasa mereka dapat mengenal angka, warna, ukuran dan dasar-dasar komunikasi harian dalam bahasa Inggris tanpa ada teks informasi terjemahaan. Buat mereka menjadi terbiasa mendengar, melihat dan mengetahui ucapan grammar.

Menjadi bagian dari guru pengguna TIK membawa berkah luar biasa bagi saya pribadi dan umumnya mereka yang saya sampaikan informasi dan pengetahuannya, dan membantu kami khususnya disekolah untuk kemajuan pendidikan dan komunikasi yang lebih efisien. Kapan pun kami mau belajar, kami bisa untuk berkembang lagi bersama TIK.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba "Guru Blogger Inspiratif 2014"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...