Rabu, 13 November 2019

Anak Sehat dan Kuat Berpontensi Pintar dan Cerdas



Mikhail dan Emily sebelum berangkat sekolah minum Fitkidz - Dok.pri


Hai moms blogger juga pembaca setia blog saya, terima kasih sudah bersedia melipir mampir dan baca tulisan saya kali ini. Untuk tulisan ini, sapaan saya tambahkan dengan kata honeymoms berhubung lebih melekat dengan yang manis karena sangat bermanfaat untuk tubuh kita yaitu madu. Tulisan ini saya khususkan membahas tentang manfaat madu multivitamin untuk tumbuh kembang si kecil. Dalam slogan Honeymoms di salah satu produk madu No. 1 di Indonesia, PT Madurasa Unggulan Nusantara memproduksi merek dagang “Madurasa” yang menjadi pelopor madu dalam kemasan bermerek pertama di Indonesia. Madu dalam kemasan pertama kali diluncurkan di pasar di tahun 1984d dan meraih gelar TOP BRAND di tahun 2009, serta produsen madu yang memiliki sertifikasi TOP BRAND, Halal, ISO 9001:2015 dan ISO 22000:2005 dengan itikad baik melihat pangsa pasar Indonesia dengan mayoritas beragama Islam untuk menjaga kualitas juga kepercayaan konsumen hingga mejadi Madurasa jaminan madu kualitas terbaik untuk tiap keluarga Indonesia.

www.madurasa.co.id


Nah, sesuai dengan slogan honeymoms, sudah gak sabar juga buat saya bahas dan ngobrolin dunia ibu-ibu dengan beribu-ibu cerita bersama buah hatinya, dunia anak dan berbagai cerita nyata, drama dan cerita indah di dalamnya. Kami di karunia 3 anak, pertama sudah remaja di usianya memasuki 14 tahun, yang ke 3 dan ke 2, mereka masih di sekolah dasar dengan usia masa  pertumbuhan sudah pasti butuh perhatian ekstra untuk menjaga stabilitas tubuh sewaktu beraktivitas agar semua berjalan sesuai harapan.

Senang di Photo untuk Blog Madurasa Fitkidz - Dok.pri


Berhubung saya termasuk ibu controller dan mendekati perilaku ibu perfectionist, bahaya deh kalau ada kejadian/peristiwa tumbuh kembangnya yang nggak sesuai harapan, bikin paniknya saya akan mempengarahui mood ke diri sendiri berkelanjutan nyambung sikap perhatian ke anak-anak. Seperti saat ini, di sekolah anak kami sedang marak terjangkit virus cacar air yang di sebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster, Ketakutan orangtua adalah akan tertularnya anak sendiri terhadap virus tersebut, sedangkan mereka yang sudah terjangkit pun tidak menutup kemungkinan sudah mengalami penyakit cacar dan kembali terjangkit lagi dikarenakan kondisi/phisik yang lebih disebabkan oleh daya tahan tubuh yang kurang, nggak mau juga kan anak-anak honeymoms mengalami penyakit yang sama?



Cara terbaik bagi moms adalah pencegahan dan daya tahan tubuh, bukan hanya dengan asupan makanan yang cukup, tetapi terpenting mencukupi gizi dan menunjang kesehatannya tentunya di tambahkan dengan Fitkidz Multi Vitamin Anak untuk membantu memelihara KESEHATAN TUBUH mereka.  

Alhamudilllah dengan memasuki musim hujan membuat udara semakin lebih bersih dengan mengurangi kadar debu serta bertambahnya debat air bersih di sekitar kita. Tapi seperti biasa, di musim apapun sebagai honeymoms, ibu pemerhati dan penjaga kesehatan dan tumbuh kembang si kecil akan terus giat mempertahankan keseimbangan phisik dan ruhaninya untuk tetap menjalani aktivitas padatnya dengan prima. Dengan tetap menjadikan anak sehat dan kuat di sertai asupan makanan bergizi, dengan keseimbangan makanan pola makan dan memberikan alternative terbaik untuk menunjang 4 sehat 5 sempurnanya, dari makanan pokok memenuhi protein, vitamin, di tambah susu juga di tunjang multivitamin bersama Madurasa Fitkidz.

Anak-anak kami seperti anak-anak umum lainnya di masa kini di zaman milenial dengan berbagai tantangan perkembangan jaman dan kesibukannya, dengan lebih padat kegiatan dan rutinitasnya beda sekali ketika jaman kita para honeymoms dahulu. Perkembangan jaman menuntut mereka untuk memiliki kemampuan pengetahuan, talenta, semangat belajar serta phisik yang prima, maka tidak aneh bila para orangtua akan menambahkan penunjang masa depannya untuk mengisi kegiatan buah hatinya selain sekolah dengan tambahan kegiatan serta aktivitas di luar sekolah dengan les tambahan materi pelajaran agama dan umumnya, les musik atau kegiatan olah raga agar phisiknya tetap aktif dan sehat.

Termasuk Mikhail Rama, anak kami yang ke 2. Setelah selesai bersekolah jelang jam 4 sore ia akan menyempatkan diri untuk istirahat sejenak bercengkrama bersama kawan rumahnya ataupun dengan kami di rumah di lanjutkan dengan les tambahan di hari tertentu dua kali dalam sepekan, kembali ia lanjutkan dengan kegiatan melatih kemahiran bermain alat musik, lanjut kembali dengan mengulang pembelajaran di rumah dari pelajaran agama Islamnya hingga pelajaran umumnya. Begitu juga bagi anak ke 3, Emily. Ia pun memiliki aktivitas tersendiri yang hampir menyerupai dengan hobi yang berbeda. Dan ini akan berlanjut setiap hari selagi ia memiliki tanggung jawab yang sama. Tak lupa, di sela pembelajarannya kami pun memberi peluang baginya untuk tetap menikmati masa anak-anak untuk tetap bermain, bercengrama, menikmati hobi atau kesukaannya yang menunjang perkembangan. Tentunya semua dalam pantauan.

Untuk kita honeymoms menjaga kesehatan keluarga adalah penting, terutama  anak di masa pertumbuhan butuh perhatian khusus dalam mendampingi dan merawat kesehatannya. Mereka akan menjadi lebih baik jika kita selalu memberikan terbaik. Penting bagi ibu-ibu umumnya ketika mengatur keseimbangan asupan makanan bergizi dan ingin menambahkannya dengan asupan multivitamin bermutu, ada pemikiran terbentur perhitungan budget juga harga yang sesuai untuk produk apa yang akan memberikan kualitas lebih baik dengan satu produk tetapi multi vitamin dan khasiatnya bagi tubuh. Jawabannya tentunya ada di Madurasa FitKidz Multivitamin. Di sini akan saya perkenalkan produknya, dengan Madurasa Fitkidz multivitamin memantu memelihara Kesehatan Tubuh buah hati kita dan tidak perlu khawatir dengan budget atau harga yang tinggi, madurasa Fitkidz sangat terjangkau untuk menjadi penunjang kesehatan buah hati kita.


Gimana sih menjadikan anak sehat dan Kuat Bersama MadurasaFitkidz, berikut tip dan trik dari saya:

1. Sehat dan Kuat Bersama Madurasa Fitkidz

Kedua anak kami di SD terbilang padat kegiatan dari bangun tidur hingga menjelang tidur umumnya di jam 9 malam, dan berlanjut terus (meski lebih sering di ingatkan kebiasaan kegiatan hariannya tertentunya, maklum anak-anak).

aSejak terlihat semakin aktif, pola makan mereka bertambah karena bertumbuh. Dan kebiasaan buruknya pun kadang muncul ketika mengalami fase picky eaters (pilih-pilih makanan) di tambah ketika kami berikan uang saku secukupnya ia akan membeli jajanan lebih ke jajanan tidak sehat, justru akan merusak pola kesehatannya seperti, chiki atau cemilan kaki lima. Kalau sudah terlanjur begini saya akan memberikan ruang untuknya meminta apa yang ia suka dan di sepakati kadar asupannya, lanjut jika jajanan sudah di beli atau di makan, saya pun tetap mengijinkan di makan, hehe… (kebiasaan anak kalau di cegah nanti mereka akan coba di belakang tanpa sepengetahuan orangtua, jadi saya lebih mengijinkan dan ia akan belajar dari kesalahan dengan pemberitahuan)

 b. Cara pertahanan tubuhnya cukup simple tapi meski di jalani tiap hari, setelah aktivitas paginya dari sholat, mandi dan mempersiapkan diri menuju meja makan, kami selalu pantau mereka untuk sarapan pagi, tugas saya adalah mempersiapakan sarapan yang sesuai dengan kadar kebutuhan kegiatan paginya dan memenuhi kebutuhan gizinya (walau tidak sempurna saya akan bantu dengan multivitamin), kami berikan multivitamin penunjang kesehatannya dengan Madurasa Fitkidz.

c. Terpenting berikutnya selalu membawa bekal makanan dari rumah, kenapa dari rumah? Dari sekolah juga menawarkan dan kawan sekolahnya pun menawarkan ikut catering, berhubung saya sudah mengetahui pola makan anak, ketika mereka ikut catering sebagian besar bila menu/masakan tidak cocok dengannya (alasan berikutnya mengurangi budget catering, hehe …) mereka tidak akan memakannya. Alhasil lebih sering makanan catering tersisa tak bertuan. Dengan membekali makanan dari rumah, setidaknya saya pun sudah berpesan dan menjaganya untuk tetap jujur jika tidak di makan atau tersisa mereka harus membawanya pulang kalau masih bisa berbagi bisa diberikan buat kucing di rumah (tapi yang masih bermanfaat lho….) dan dengan begitu saya pun tahu kadar asupan makan bergizi yang harus mereka terima sepulang sekolah.  

b    Penting banget untuk kita mengetahui kualitas produk dari asupan vitamin yang diberikan kepada anak, dengan begitu moms semakin paham kualitas, efek dan hasil yang akan di terima anak sebagai pengkonsumi produk multivitamin tambahan yang di berikan, istilah lainnya adalah Product Knowledge untuk produk Madurasa Fitkidz.

Namanya Multivitamin sudah pasti didalamanya kandungannya terdapat berbagai vitamin bukan hanya dua atau tiga tetapi lebih dari itu yaitu 7 kandungan bahan alami, yaitu madu, sari phyllanthi, vitamin B kompleks, sari temulawak, sari kurma, lysine, dan vitamin C yang siap untuk membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak. Karena anak sudah dengan yang manis, penting madurasa Fitkidz tahu selera anak, memberikan terbaik dengan kandungan pemanis alami bukan pemanis buatan dan bermanfaat bagi kesehatan yaitu madu. Paling penting, rasa manisnya berasal dari madu alami pilihan dan terpercaya menjadi no. 1 di Indonesia serta pencetus pertama dalam kemasan dengan kelebihan anti tumpah. 

2. Manfaat dari Product Fitkidz

Dengan memiliki 7 kandungan alami, madurasa Fitkidz memiliki manfaat di setiap kandungan yang terdapat di dalamnya, yaitu:

1.     Madu: Manfaat mandu membantu memperkuat daya tahan tubuh. Di antaranya di musim hujan ini ketika anak terserang batuk/pilek, madu bisa menjadi obat sementara untuk meredakan batuk dan pilek anak. Menurut info berita dari https://www.madurasa.co.id, dikatakan bahwa di lansir dari thehealthsite, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati serangan demam dan batuk musiman pada anak-anak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016, dan diterbitkan dalam jurnal Pediatric Child Health, menunjukkan bahwa menggunakan madu sebagai obat lebih baik daripada tidak ada perawatan atau plasebo, karena dapat meringankan gejala.

sumber photo:halodoc.com


2.    Sari Phyllanthi: kata lainnya daun meniran daunnya hampir mirip dengan daun petai cina, yaitu sari phyllanthi memiliki banyak manfaat, diantaranya: Membantu Memperkuat Sistem Imun, Mengontrol kinerja sistem imun, dan menurunkan deman

sumber photo: idntime.com


3.   Vitamin B kompleks: Diantaranya bermanfaat untuk meningkatkan energy, meningkatkan fungsi otak, juga menurunkan kadar kolesterol.

4.  Sari Temulawak: Diantaranya bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan, anti bakteri dan anti jamur, serta kesehatan liver

sumber photo: viva.co.id


5.  Sari Kurma: Kurma baik untuk sumber Energi, manfaat diantaranya: meningkatkan Kesehatan Otak, membantu meringankan sembelit, dan membantu dari gangguan usus,

sumber photo: aladokter.com


6.  Lysine: Dalam Bahasa Indonesia sebut  Lisina, merupakan asam amino essensial untuk kesehatan manusia karena lisina itu tidak dapat di produksi sendiri oleh tubuh manusia. Nah, untuk itu manfaat memberikan asupan dari sumber makanan yang memiliki banyak protein seperti daging, keju, susu, ikan dan telur, juga di bantu dengan asupan kandungan Lysine dengan berbagai manfaatnya di antaranya: Mendukung penyerapan kalsium, meningkatkan napsu makan, serta mencegah penyakit Herpes Simplex Syndrome pada anak,  gejala serangan herpes pada si kecil ditandai dengan adanya luka melepuh di area wajah ataupun alat kelamin si kecil. Infeksi herpes akan semakin parah jika luka ini melebuh dan melebar menyebar luas ke anggota tubuh lainnya. Lysine akan membantu mencegah penyebaran infeksi virus herpes, apabila dalam tubuh si kecil memiliki lysine yang cukup maka menurunkan risiko terkena virus herpes. 


7.  Vitamin C: manfaat di antaranya adalah mencegah penyakit dan melawan sel kanker, menurunkan resiko serangan jantung, menjaga kesehatan mata, dan mengurangki pilek pada anak

Dengan begini semakin yakin bagi saya memberikan asupan Fitkidz Multivitamin Anak juga sama pentingnya seperti memberikan asukan makanan dan minuman bergizi buat tumbuh kembang mereka, dengan lebih memahami kualitas produk multivitamin Madurasa Fitkidz membuat saya semakin yakin dengan kualitas dan harga yang terjangkau menjadikan pendamping kesehatan anak-anak, termasuk anak honeymoms tentunya, gimana menurut moms blogger? Yuk sama-sama kita siapkan Madurasa Fitkidz untuk pendamping asupan aktivitas mereka. Sekali lagi makasih banyak sudah mampir dan membaca. Salam Honeymoms.



Selasa, 24 September 2019

Cara Daftar Haji Melalui Bank Syariah


Apa keinginanmu sebagai umat muslim bila sudah mapan? Pastinya banyak yang mengatakan dengan menggaris bawahi kata muslim akan memilih bisa memenuhi rukun ke lima. Dan pastinya akan banyak yang bilang pengin gak punya hutang dan berangkat haji dengan lunas, masyaAllah, aamiin!

Begitu juga saya, mimpi berangkat haji suatu saat nanti, karena pengaruh juga dari beberapa teman yang sudah daftar haji, pengin banget bisa daftar haji dengan minimum bisa buka rekening haji dahulu setoran awal 500 ribu, lanjut melunasi porsi haji, dan memenuhi prosedur lanjut, bikin bahagia dan was-was. Siap, gak ya? ada uangnya gak, ya? Alhmadulillah, bertahun-tahun saya tabung niat ini dengan berbekal asset tanah di Bandung, saya sampaikan ke suami niat dan tekad saya supaya bersinergi, alhmadulillah suami setuju dan bilang silahkan ajah, urus sama yang punya rencana, wew! heem, itulah resikonya berani bermimpi berani mempertanggung jawabkan mimpi dan resikonya. Bertahun-tahun dengan ujian dan proses pasang surut hati, kejadian silih berganti, akhirnya Allah genapkan mimpi saya di masa ketenangan bathin ketika melewati proses perjalanan silih berganti masalah, datanglah penjual lewat handpone berdering setelah sholat dhuha, berlanjut komunikasi sore, hingga malam, dan berlanjut setuju ingin membeli tanah kavling, bukan cuma satu tapi keduanya. Satu tanah kavling efek kakak terjerat saya beli di sana, di Bandung. Di antara rasa tanggung jawab karena perkembangan kavling tidak sesuai harapaan, tekad saya pun bulat ingin bantu menjualkan tanah kakak, Allah lunasi mimpi saya setelah menunggu proses bertahun di waktu yang tepat, keduanya terjual di waktu bersamaan.

Bank Syariah Mandiri

Seminggu kemudian, proses berjalan tenang dan menurut saya mulus. Uang masuk di rekening saya secara keseluruhan, saya bisa berikan ke kakak saya utuh di luar dari impian harganya, karena di atas harapannya. Dan saya/kami bisa membayar lunas 4 porsi haji, seperti yang kami rencanakan. Sisanya menjadi keberkahan sebagian yang lain. MasyaAllah. Tapi ternyata ketentuan Allah beda. Allah panggil Bapak lebih dulu setelah porsi haji terpenuhi, dan Bapak dan Ibu bisa saya lihat tersenyum dan memanggil saya untuk berkunjung ke rumahnya, saya bilang bersiap untuk panggilan Allah, usia hanya Allah yang punya kuasa. Ternyata Allah panggil dengan cara-Nya. MasyaAllah, selamat jalan Bapak, semoga engkau Husnul Khotimah. Aamiin.





Kali ini saya pengin berbagi dengan kawan pembaca dari pengalaman saya mengurus prosedur pendaftaran haji, untuk calon jamaah setiap proses pengurusan calon jamaah di bank juga di Departemen Agama (kalau KTP saya Bekasi berarti Depag Bekasi) tidak bisa di wakilkan, meski datang langsung, kebenaran kami melalui Bank Syariah Mandiri,  syaratnya adalah:



 



11. Memiliki tabungan Haji Mabrur dan Pembuka rekening di Bank penyerta di antaranya Bank Syariah Mandiri
22. Setoran awal Minimum Rp. 500.000.- (lima ratus ribu Rupiah)
33. Bila telah mencukupi porsi haji sebesar Rp. 25.200.000.- (dua ratus ribu untuk sisa uang di tabungan haji marbur) dapat mengurus lanjutan untuk porsi haji di departemen agama berdasarkan wilayah terdekat.
Dokpri: Penampakan dokumen tanda tercatat di DepAg dengan nomor porsi haji

Langkah berikutnya untuk kebutuhan nomor validasi calon jamaah haji dari Bank Syariah Mandiri, dibutuhkan dokumen copi calon jamaahnya, diantaranya:

11.  Pas photo ukuran 3X4 sebanyak 10 lembar, 4x6 sebanyank 2 lembar (latar/background putih dan tampak wajah 80%)
22. FC: KTP: 2 lembar
33. FC: Kartu keluarga: 2 lembar
43. FC Buku tabungan haji (No. Rekening & Saldo terakhir) masing-masing: 2 lembar
54. FC: Akta lahir/Ijasah (max SLTA) atau buku nikah: 2 lembar

Dokpri: bukti setoran BSM yang simpan nas.

Kalau sudah lengkap semua kembali datang ke BSM untuk di validasi datanya dengan membawa Photo Copy di atas dan buku tabungan calon jamaah. Ketemu di Customer Service, perlihatkan dokumen tersebut, nanti CS akan memeriksa kelengkapannya (terutama photo apakah sudah memenuhi syarat wajah 80% dan latar putih), berikutnya CS akan berikan form aplikasi jamaah format BSM dan surat pernyataan. BSM hanya minta 3 photo ukuran 3x4 serta buku tabungan. Kisaran 30 menitan, akan di berikan Tanda Bukti Setoran Awal Biaya Penyelengara Ibadah Haji. Sudah gitu, datangin deh Departemen Agama wilayah setempat sesuai KTP (kalau saya di Bekasi, tepatnya bisa lihat di map di atas).




Buat yang gak pengin antri lama, biasain datang lebih awal pas kantor baru buka. Alhamdulillah kemarin ontime tiba jam 8.30 kantor Depag baru di buka, pengurusnya ramah dan langsung dilayani. Mereka pun dengan senang hati menginformasikan yang kita butuhkan dan tanyakan, sesuai dengan data yang sudah ada di serahkan ke bagian validasi di pintu sayap kanan. Lanjut bila data sudah lengkap di minta untuk menunggu untuk pemotretan jamaah, sambil di tanyakan rincian ciri-ciri diri dan data pelengkap. Bila sudah semua, petugas akan mengkonfirmasi ulang data kita dengan bukti print out, dan cek bersama, utama sekali bagian  no. KTP dan data diri, bila sudah selesai baru deh di tandatangani, berikut kita dapat 2 lampiran, satu di serahkan di bank dan satu lagi di bawa ke bagian administrasi dalam ruang penyimpanan arsip data, seorang petuga senior akan cek ulang data kita secara keseluruhan dari konfrimasi administrasi 1. 

Lanjut di minta bayar biaya map document sebesar RP. 10.000.-, selesai deh. Di akhiri dengan informasi estimasi masa tunggu calon jamaah untuk keberangkatan haji kisaran 20 tahun untuk wilayah Jawa Barat, tapi gak menutup kemungkinan akan maju berjalan waktu akan berkurang masa tunggunya terhitung adanya jamaah tutup usia sebelum waktunya atau penyebab lainnya. Nah, sebulan lagi kita bisa lihat jadwal porsi yang telah selesai validasi input di website departemen agama. Semangat menunggu dan sambil menanti cukupkan waktu melunasi porsi keberangkatan. Bismillah, semoga menjadi calon haji marbur! Aamiin Ya Rabb

Nah, untuk kalian yang memiliki ibu di atas usia 75 dan belum terdaftar haji, bila ada kesempatan  hati dan materi, yuk daftarkan! kamu bisa menjadi pendamping/mahrom orangtua manula, dan kisaran akan di berangkatkan dalam jangka waktu 3-4 tahun masa tunggu. Dengan syarat telah terpenuhi semua kewajiban. Nah, untuk keamanan dokumen bukti setoran nasabah ke BSM dan dokumen porsi haji dari DepAg saran Ibu admin di Depag segera di laminating supaya gak rusak, makasih banget Ibu, sarannya cetar!

Untuk kamu yang kaget setelah mendengar estimasi masa tunggu hingga 20 tahun untuk wilayah Jawa Barat (tiap wilayah berbeda), gak perlu khawatir berpikir kelamaan, siapa tahu Allah lagi mempersiapkan hati kita (#intropeksi diri) hingga waktunya tiba. Kejadian nyata, sewaktu saya kerja di Bank swasta ada seorang nasabah (ibu), ia menghampiri saya pengin curhat katanya. Curhatlah kegalauannya, dia telah mendaftar dengan no porsi sudah di ketahui ternyata terpanggil sangat lebih awal 3 tahun masa tunggu saja, ia was-was untuk pelunasannya, hingga berlanjut mengundang saya datang kerumahnya untuk lanjutan curhatnya, berakhir ia sampaikan akan menjual tanahnya di lokasi berbeda. Alhamdulillah rejeki halal yang sudah siap menjadi jalan untuk keberangkatannya.

Yuk aah, kita mimpi seindah mungkin untuk bertemu Allah di tanah haram, dengan melunasi hutang-piutang kita sebelum berangkat kesana....Aamiin ya Rabb.




Cara Bijak Saku Pasang Kanopi di Rumah

Dokpri: Atap Alderon dengan baja ringan


Hai viewer, apa kalian yang termasuk lagi mencari referensi informasi pemasangan kanopi rumah. Saya iyah beberapa pekan. Awalnya beberapa bulan lalu penginnya pasang kanopi kaca tempered, hitung-hitungan budget dan bakal pasang di waktu yang tepat. Referensi nanya-nanya sudah ada, dari informasi online. Harganya menurut saya cukup bersahabat, tapi berhubung di ingatin kakak untuk kaca itu sensitive, rentan pecah kalau ada benda berat jatuh di atasnya, benar juga sih.

Dokpri: lumayan rapih dan berkualitas


Pengalaman pasang kanopi untuk rumah di bandung dengan material atap polycarbonate ternyata di kasih besinya besi gak berkualitas, kenapa bisa bilang gak berkualitas? Bisa di tes pas di pegang dan di sentuh plus di bunyikan terasa kopongnya, dan terlihat gak professional karena ngecatnya berantakan dan semaunya. Terlihat juga sambungan besinya gak rapih. Kecewa deh! Berhubung sudah punya pengalaman dari penjual jasa pemasangannya yang pintar bicara berdalih di kenalkan dari kolega, tetap kehati-hatian yang utama. Pasang kanopi di belakang rumah di Bekasi juga sama, dapatnya kualitas yang gak bagus, karena waktu itu belum ngerti-ngerti banget, gak punya banyak kenalan pasang kanopi, akhirnya di bongkar di ganti di tempat gudang konopi dengan besi hole besar, lebih paten. Yang ini kejadiannya lebih awal di banding rumah Bandung. 

Nah saran saya dari pengalaman dan kejadian  yang pernah saya alami ada pertimbangan dan kehati-hatian yang meski di cermati, di antaranya:

11. Cari/temuin beberapa referensi yang bisa di dipertimbangkan kualitasnya untuk jasa kanopi dan  perbandingan harga  
22.  Bila merasa cocok dengan referensi online, saya juga pernah dan tidak ada menipu ada pemasangan pintu alumunium. Tapi kehati-hatian perlu. Kalau saya tanyakan bengkelnya di mana dengan mengetahui bengkel dan lokasinya kita akan lebih aman, juga untuk pembayaran bertahap.

33. Perihal pembayaran awal, sebaiknya pembayaran bisa dengan jumlah di bawah 50% agar terjaga keamanannya.

44. Pastiin pesanan tercatat di rincian pesanan, supaya kalau terjadi yang tidak di inginkan bisa di komunikasikan. Atau misalnya lewat WA komunikasinya tertulis, supaya ada bukti obrolan. Kalau lewat telpon khawatir ada yang mendadak lupa dengan perjanjian.

55. Awasi tiap kali pemasangan, kejadian yang di rumah  Bekasi awal pindahan gak sempat lihat pemasangan, tahu-tahu kualitasnya terlihat setelah setahun berjalan, jelek! dan meski di ganti baru.

66. Kejadian juga di Bandung, ketika minta bantuan keluarga atau saudara belum tentu sesuai harapan kita yang ada sama saja. Makanya bila ingin sesuatu hasilnya memuaskan baiknya pemesan langsung terjun kelapangan sewaktu-waktu bisa lihat proses dan materialnya.

77. Nah, saya baru saja pasang kanopi dari referensi kakak. Menurut kakak saya di kasih harganya mahal. Tapi  setelah saya lihat di harga online dengan hasil yang ada setelah proses dan pemasangan, layak deh. Sesuai harapan, tapi meski di ingatin boss kanopinya. Karena ada bagian-bagian yang gak sesuai harapan ketika di pasang. Syukurnya ada uji coba dahulu di lantai dua kucurkan air, ternyata bocor. Si tukang salah posisi pasang, akhirnya di akalin dengan membolongkan memasukan pipa di bagian Alderon yang bergelombang di siku L.

Dokpri: ini yang di maksud siku L, akhirnya di akalin supaya ga rembas


Untuk kejadian point 7, sengaja saya gak lunasi pembayaran sampai ia menyelesaikan tanggung jawabnya, sempat pengin buru-buru selesai tidak di bersihkan dan belum saya pantau secara keseluruhan, kejadian sore suami bersihkan lantai dan balkon, ternyata di balkon airnya ngerembes bocor di sela kanopi, nah situlah saya kecewa, nyambar ke warna aquadrop yang timpang dengan warna kanopi, meski gak terlihat dari bawah tapi bila dari balkon gak enak di pandang dengan warna yang tak sepadan. Termasuk membersihkan cat tiap lantai yang terkenca cipratan noda cat. Baru deh, jika kita sudah puas bisa langsung melunaskan. Untuk kalian yang ingin tahu harga per meternya bisa komentar, nanti saya balas. Semoga kanopi pilihan viewer pun sesuai harapan. Titip pesan, tetap waspada ketika pemasangan, harus di awasi.


Jumat, 09 Agustus 2019

EDUTECH EXPO 2019 dan Pameran Pendidikan dari SMKN 63



Dok.pri: Pembukaan Seminar "Pemanfaatan Aplikasi Pendidikan di Era 4.0"



Sobat Blogger beberapa bulan lalu saya sempat memenuhi undangan perwakilan guru untuk menghadiri EDUTECH EXPO 2019, tepatnya di tanggal 14 - 17 Februari 2019. Senang bisa hadir di gala akbar pesta pendidikan dalam mendukung pendidikan generasi milenial Indoensia terselengarakan berkat dukungan besar Pustekkom Kemendikbud dengan bertajuk “Indonesia EDUTECH EXPO 2019’, belasan sekolah terpilih menjadi percontohan sekolah kreatif dan inovatif di era teknologi pendidikan 4.0 dengan menampilkan berbagai hasil karya siswa dari bidang dan jurusannya masing-masing. Mengamati stand-stand sekolah di Jakarta mewakili rasa takjub remaja jaman milenial yang hidup di era teknologi semakin pesat berkembang menjadi bagian dengan gaya hidup setiap orang. Dari sana kita bisa belajar bahwa remaja sekarang kreatif dan butuh wadah untuk menunjukan kemampuannya, bukan hanya di belakang layar hanya dengan belajar di atas kertas, tetapi mereka membutuhkan wadah untuk mempraktekan, mereka akan semakin eksoplorasi dengan kemampuannya masing-masing jika di arahkan. Saya sebagai guru tingkat SD cukup terpesona dengan kemampuan mereka dengan bimbingan guru-guru kreatif mengarahkan dan mereka semakin tunjukan kemampuannya dengan dukungan teknologi sebagai alat transformasi. Seperti saya lihat ada sekolah yang menunjukan kemampuannya membuat sepeda listrik, hasil karya jahitan modern, prakarya rumah tangga, seperti membuat tempat tissue, dan lainnya.

Dokpri: Dua siswa SMKN 63 yang berbagi pengalamaan tentang pemanfaatan edutech 


Paling gak kalah menariknya, sewaktu mampir di stand pojokan, ya, SMKN 63 Jakarta. Dari kejauhan terlihat berbagai tumbuhan hijau agroponic, sayuran, tamanan anggrek pupuk cair, jelly sampai serbuk sampai sudah berbentuk kemasan menjadi minuman racikan, minuman langsung minum, dan cemilan. Kerennya lagi mereka menampilkan hasil penemuannya berupa pot bibit tumbuhan yang di rawat dengan baik terlebih dahulu sebelum di tanam di media tanah, kemudian setelah waktu yang tepat tanaman tersebut di tanam bisa di tanam dengan potnya dan akan mengurai. Keren kan! Usaha siswa SMKN 63 memperkenalkan dengan nama biopot bersahabat. Idenya dari siswa, mereka  buat dari bahan pelepah siswa, penemuan luar biasa. Pelepah pisang yang sudah tidak terpakai dan di buang akan di ambil dengan kualitas terbaik supaya bisa menjadi wadah olahan terbaik.  

Dokpri: Hasil kerja Siswa SMKN 63 yang di perjual belikan di Koperasi sekolah

Asiknya lagi mereka upayakan usaha di kenal masyarakat umum dan adik-adik kecil dengan mengadakan paket agro wisata, info dari kakak-kakak stand sekolah memiliki kisaran 14 hektar lahan dan di sana terdapat sekolah dengan fasilitas area laboratorium, agropark, lokasi pemasaran dan tempat wisata siswa lainnya. Wah, jadi penasaran pengin berkunjung kesana. SMKN 63 mematahkan stigma tidak melulu belajar di kelas, tapi terpenting di butuhkan siswa aktif dan mengaktualisasikan kemampuannya, terutama yang suka sampai tercipta rasa cinta bercocok tanam untuk modalnya di masa depan dengan memiliki kemampuan wirausaha sejak dini. Salut dan semangat selalu berinovasi kakak-kakak dan guru hebat. Bagi sekolah minat berkunjung untuk mengadakan Field Trip AGROEDUWISATA #SMKN63JAKARTA siswanya bisa berkunjung langsung ke SMKN 63, di sana ada lahan pembelajaran untuk kunjungan pembelajaran. Bisa Kontak langsung ke HP: 0812 84693456 atau kontak IG: Atph_smkn63jkt atau klik di SINI

Dokpri: Saya dan kenalan baru Bu Guru SD


“Indonesia International Education & Training Expo (IIETE), ke- 28.’ bertujuan menginformasikan kepada genGenerasi muda milenial dalam pameran pendidikan tersebesar di Indonesia untuk generari milenial untuk semangat dan bersiap diri sambut generasi millennial era 4.0 dan terus nantinya berlanjut ke era 5.0, bukan hanya generasi muda siap, tetapi semua kalangan generasi yang saat ini mau tidak mau terus berlaju menanggapi dan mempelajari serta beradaptasi terus dengan era millennial 4.0, termasuk guru.

Dokpri: Gambaran Seminar 


Tuntutan jaman bukan hanya menuntun tetapi mendorong kita sebagai bagian dari generasi era milenial 4.0 untuk sigap, siap dan mau beradaptasi dengan perubahan. Banyak informasi dan gambaran yang disampaikan oleh pakar-pakar pembicara di bidang Teknologi menuntun kita untuk memahami perkembangan jaman, termasuk di antaranya.
Dalam dunia pendidikan, praktisi pendidikan pun sigap mempersiapkan diri untuk mengikuti perkembangan era millennial dengan mempersiapkan peserta didik dan pendidik untuk mengikuti pelatihan e-learning untuk mendukung perkembangan pendidikan era 4.0
Di sampaikan Pak Gogot Suharwoto sebagai Kepala Pustekkom Kemendikbud sampaikan di era berkembangnya revolusi industri 4.0 meski di ikuti dengan perkembanganya dalam dunia pendidikan untuk mengarahkan kepada perkembangan system ajar-dan mengajar. Secara dinamika perjalanan kemajuan jaman terus berjalan tentunya di butuhkan kemampuan generasi mengikuti perkembangannya.


Nah, yuk dengan begini kita juga turut siapkan diri untuk mengikuti perkembangan era millenial 4.0, Salam perubahan.

Dokpri: Argowisitas SMKN 63



Selasa, 06 Agustus 2019

Pengobatan Patah Tulang Secara ALTERNATIVE



Dok.Pri: Seminggu awal proses pengobatan 


Sobat Keluarga, kali ini saya pengin berbagi pengalaman merawat anak pasca patah tulang. Sudah dua tahun lalu kejadian musibah berlalu setelah alami putra ke- 2 kami, Mikhail Ramadhan. Penginnya langsung di tulis pengalaman mengasuh anak sendiri sewaktu dari kejadian hingga pemulihan, tapi baru menyempatkan diri berbaginya saat ini. Butuh ekstra perhatian untuk merawat Patah tulang rawan bagian lengan kanan, begitu pula yang mengalaminya, Mikhail anak kami dalam prosesnya menjadi pribadi yang sabar dan saya yakin itu karena terpengaruh oleh kami atau siapapun orang lain di sekitarnya dalam penampingan pengobatan musibah. Kejadiannya sangat cepat terjadi. Tahunya keisengannya berbuah petaka, magrib lari-lari di luar sama adiknya. Emily.

BACA JUGA: Cara Ampuh Mengobati Patah Tulang




Dok.Pri: Kondisi di malam hari




Tiba-tiba ada teriakan dan rintihan kesakitan. "Sakit", katanya. "Mama jangan marah, ya! aku gak apa-apa". Tambahnya. Semua yang ada di sana saat itu panik, termasuk mama saya. Telepon ibu urut langganan. Mak Saka namanya. Mama saya sudah pesan jangan urut terlalu, kalau patah bilang saja. Benar saja ternyata patah, bengkok langsung. Tanpa berpikir panjang, kami balut tangannya dengan patahan kayu lurus bersama kain. Lanjut di bawa kerumah sakit. RS. Mitra Bekasi. Menunggu giliran di tangani di IGD, Dokter jaga saat itu sampaikan tangan sudah patah, meski langsung di operasi. Mikhail nangis berlanjut. Saya dan suami berpikir terus, berusaha berpikir jernih, kontak saudara, kawan untuk informasi dan referensi lanjutan. Lebih banyak menyarankan di bawa ke alternative, tapi kami belum tahu kemana nantinya, masih informasi samar dan belum pasti. Hingga akhirnya suami putuskan lebih baik di operasi, dan kemungkinan besar kantor akan membantu meng-cover bila asuransi kurang biaya. Tapi saya masih gak tega lihat Mikhail di operasi banyak ketakutan, dia laki-laki tangan kanannya meski berfungsi dengan baik. Gimana nantinya bila di pen? dan ada alat bantu di lengannya!

Dok.Pri: Pemberian minyak di posisi patah tangan di beri lubang


Kami sampaikan ke dokter minta waktu hingga besok, karena  kami ingin berpikir lagi. Merenungi kejadian sama pada anak tetangga alami serupa lebih dahulu dengan peristiwa yang berbeda, Ia di operasi, usianya kisaran 3 tahun kurang saat di operasi. Tapi hasilnya tangannya terlihat tidak sempurna posisinya. Esoknya, pagi itu saya mampir silaturahmi ke rumah tetangga sepertinya untuk bayar arisan juga tanya-tanya perihal tempat berobat patah tulang, siapa tahu ibu tetangga ada referensi. Benar saja, Alhamdulillah Bu Ninip menjelaskan apa yang pernah di alaminya, juga cucunya berhasil berobat secara alternative di Guru Singa. Beliau beri saya kartu nama-nya dan jelaskan gambaran proses pemulihannya seperti apa. Bersyukur saya di kelilingi orang-orang baik, keluarga tetangga yang begitu baik serta keluarga besar guru di SDIT IQRO' dengan kepeduliannya mendukung dengan saran serta doa-nya. Hingga jalan berikutnya kami putuskan untuk ke Guru Singa siang itu juga. Suami setuju.
Dok.Pri: Refleksi pemijatan area patah tulang

Gak Sulit cari alamatnya. Dan lokasinya strategis untuk kami yang sama-sama bekerja. dan sudah dapat di prediksi kami akan atur waktunya di malam hari untuk check up dan pemulihan berkala tanpa rawat inap. Tempatnya cukup sederhana, tetapi di sana-lah muara orang-orang telah ikhtiar pengobatan tubuh pasien terluka dan mengalami cidera telah banyak terselamatkan dengan proses berkelanjutan dan kesabaran.

Dok.Pri: Di kunjungi kawan bermain di rumah



Dok.pri: Di kunjungi Bu Guru Tati - Walas Rama di Kelas 4


Alamat guru singa: Jl. Pondok Kelapa Raya, Gang Gurusinga No. 37. Rt/ 01/02 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Lokasi:





Sampai di lokasi, di sambut dengan abang-abang pendamping yang telah menanti di luar parkiran untuk memapah atau membantu siapapun berada ke dalam. Untuk pasien baru segera di bawa masuk ke dalam ke tempat tidur besi tanpa busa, saya lebih bilangnya bale. Mikhail takut, saya juga takut karena dalam ruang ukuran kisaran 10X10 meter kisaran 5 tempat tidur saat itu terlihat beberapa pasien merintih kesakitan. Ahli patah tulang profesional yang memiliki ijin pemerintah untuk membuka praktek pengobatan AKUPRESURE. Sampai saat ini masih selalu ingat dengan kebaikan dan ketulusan penuh kesabaran Bapak-bapak serta abang ahli patah tulang yang telah menangani anak kami antaranya abang Yakin (berserta abangnya). Karena untuk penanganan ke anak di butuhkan pendekatan yang lembut dan sabar terutama bagi Mikhail, tidak mudah untuk merayu dari rasa takut di obati dengan cara alternative. Untuk meyakininya kami punya tip dan trik agar Mikhail memiliki hati yang selalu siap untuk di obati.

1. Ketika anak mengalami musibah, kami lakukan pendekatan dari hati ke hati, tidak menghakiminya bahkan menyalahkannya atas peristiwa yang menimpanya.

2. Sadarkan selalu bahwa ini teguran agar lebih hati-hati menjaga diri dan sabar menjalani proses pengobatannya.

3. Dekatkan kawan-kawan main atau keluarga se usianya untuk mendukung proses pemulihannya.

4. Selalu dampingi dan ajak komunikasi untuk pemulihanan. Bawa selalu dalam doa dan hibur dengan berbagai cara untuk membuatnya tetap semangat.

5. Kondisikan tetap belajar dan mengikuti pelajaran meski pengobatan hingga 2 bulan berada di rumah.

6. Dari awal pengobatan, anak akan mengalami trauma ketika patah tulangnya di rapihkan. Untuk berikut-berikutnya lihat Bapak mana di tempat pengobatan yang terlihat membawa suasana kenyamanan untuk anak, dan dia-lah yang menjadi pendamping pemulihan anak berkelanjutan bersama satu lagi menjadi pengganti ketika Bapak tersebut sedang libur atau bukan jam kerjanya.

7. Tidak lupa ikuti aturan pengobatan untuk satu bulan awal biasanya 2 hari sekali kunjungan berobat, tidak putus memberi minyak olesan (aromanya wangi), hindari minum air es karena akan menghambat pertumbuhan sel tulang.

8. Untuk awal-awal pemulihan anak akan merasa tidak nyaman, bahkan berhalusinasi, tidak perlu khawatir karena rasa sakitnya meski di tahan dan di kendalikan.

9. Tidak lupa, selalu bawa dalam doa untuk pemulihannya.

Alhamdulillah setelah 3 bulan berlalu, Mikhail pulih sedia kala. Tidak perlu di rontgen lagi dan hingga kini kekuatan tangannya kembali normal.

Untuk pena

Dok.Pri: 1 bulan awal bersekolah 
DokPri: kondisi kisaran 2 bulan pemulihan
mulai menggunakan tangan kanan

Kecantikan dan Eksostisme Wisata Bandung Curug Malela


Wisata Curug Malela:
Alamt: Sindagjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat


Rute   : 



Dokpri: Curug Malela 

Hallo Traveler's, kali ini saya akan berbagi pengalaman sewaktu jalan-jalan ke Curug Malela.  Letaknya di kawasan Bandung Barat, air terjun Malela atau biasa di sebut dalam Bahasa Sunda Curug Malela menawarkan keindahan eksostisme tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati keasrian suasana serta letak misterinya bersembunyi sangat indah di antara lembah. Curug Melela merupakan pilihan terbaik wisatawan bila berada di kawasan Bandung untuk menikmati keindahan wisata air terjun. Bersumber dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, merupakan satu di antara gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati kemudian mengalir melintai sungai Cidadap –Gunung Halu. Bila sedang beruntung ketika berkunjung, wisatawan bisa melihat monyet-monyet ekor panjang turun untuk minum air di bawah curug Malela.
 
Dok.Pri: Aliran curug Malela cukup deras di antara bebatuan
Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar kisaran 70 meteran, serta memiliki 5 buah jalur air terjun dan terlihat sekali keindahan dan eksostisme-nya. Pengunjung harus sabar diri berjalan melalui jalur jalanan terjal untuk menuju kesana, ada juga jasa ojeg bersedia mengantar dekat lokasi tujuan atau kembali setelahnya. Sebaiknya teman tidak berkunjung ketika musim hujan, karena jalanannya yang terjal dan masih di dominasi tanah menurun karena melewati perbuktikan, memungkinan untuk ketidaknyamanan dalam perjalanan. 

Sebelum kita sampai di lokasi, sobat bisa melihat dari kejauhan di antara lembah berupa keindahan 5 baris turunan air terjun di sinari cahaya matahari, terlihat begitu menawan dan bikin berharap lekas sampai lokasi. Air terjun ini masih di kategorikan air terjun perawan, karena belum banyak wisatawan berkunjung kesana, mungkin karena lokasi yang begitu rawan dan jauh hingga wisata banyak yang belum berharap kesana, padahal indah banget. Untuk kondisi penjagaannya pun belum begitu terjaga baik, saat itu ketika saya berkunjung Bapak penjaga dan petugas lainnya menginformasikan kawasan ini di jaga masih oleh warga, petugas pemerintah hanya satu orang mengawasi dan tidak penuh waktu. Papan petunjuk lokasi masih sangat sederhana termasuk ristribusi tiketnya. Tanpa loket. Kisaran trekking membutuhkan waktu 30-1 jam ke lokasi, dengan melewati area bebatuan dan jalanan sebagian setapak. Tetapi rasa lelah dan letih terbayarkan, ketika mendekati lokasi suara gemuruh air memanggil dan menyapa dengan indahnya. 
Dok.pri: Jalur awal dari area parkiran

Niagara Mini Indonesia
Dengan memiliki 5 jalur air di atas ketinggian kisaran 70 meter, Curug Malela mendapatkan julukan Niagara Mini yang berada di Indonesia. terletak di antara keindahan pengunungan membuat semakin cantik terlihat. Sebagai informasi tambahan harga tiket masuk air terjun Melela Rp. 10.000.-/orang dengan biaya parkir kendaraan roda empat Rp. 5.000.-/kendaraan, sedangkan motor Rp. 2000.-/motor. 
Dok.Pri: Area terjal menurun menuju Curug Melela

Bagi teman yang ingin mengurangi rasa lelah berjalan, di sana biaya gojek di kenakan kisaran Rp. 10.000.- tetapi belum sampai di lokasi persisnya, meski harus jalan karena area berikutnya tidak bisa di lewati motor karena jalurnya hanya kisaran lebar 1 meter. Perjalanan dari area parkir menuju lokasi curug Malela kisaran 1 km. Ok, teman siapa yang penarasaran langsung ajah di rencanain liburan berikutnya berlibur ke sana. Untuk lebih lengkap lagi informasi aksesnya teman bisa baca-baca juga di Website. Wisata Kang Dian tentang Tempat Wisata Bandung Curug Malela

Dok.pri: Terlihat keindahan Niagara Indonesia di Curug Melela


Senin, 05 Agustus 2019

Memilih Dokter Gigi Terbaik

Alamat Klinik Indria:
D Tamarine, Jl. Raya Kp. Sawah No.R2, Jatimelati, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17431

Lokasi:


Teman pastinya sudah sangat paham senyum adalah keindahan tersendiri bagi siapapun pun yang melihatnya. Apalagi senyum di iringi terlihat gigi-gigi indahnya. Gigi merupakan estitika kecantikan yang menghias paras wajah seseorang. Bagaimana bila giginya rusak dan tidak terawat? Tentu saja kepercayaan diri berkurang bahkan bisa hilang. Nah, untuk dukung keindahan senyuman dan kecantikan gigi pastinya perawatan gigi sangat dominan dilakukan. dari gosok gigi 2 kali sehari di pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur, memilih pasta gigi yang sehat serta mendukung kondisi gigi dengan sikat gigi berbentuk lembut serta serta pas di rongga mulut sangat membantu perawatan. Perawatan gigi paling terpenting adalah perawatan ke dokter gigi. Menurut informasi ahli/dokter gigi sebaiknya minimum melakukan perawatan gigi berkisar 2x dalam satu tahun atau per-enam bulan. Agar kesehatan gigi selalu terjaga. Jangan sampai ke dokter gigi sewaktu sakit gigi atau bermasalah dengan gigi (saya pun pernah mengalaminya hahaha) harus sadar diri. 

Untuk anak pastinya orangtua utamakan memberikan terbaik bagi kesehatannya. Dan kali ini saya akan bahas tentang seputar kesehatan gigi serta dokter terbaik untuk anak dari hasil pengalaman pribadi saya. Sepertinya halnya pasang kawat gigi, meski adanya pertimbangan-pertimbangan khusus yang harus di pahami, berikut ini link-nya: Mantap Pasang Kawat GIGI

Dokpri: drg. Indria menangani mencabut gigi susu Emily yang bertumpuk oleh gigi permanent


Perpindahan dokter gigi saya alami kisaran 3 kali dengan 3 tempat dokter berbeda. Awalnya saya pikir memang semua dokter gigi sama dengan fasilitas perawatannya serta biaya. Tetapi karena pengalaman kenyamanan dan peristiwa perawatan yang saya alami akhirnya saya bertahan untuk beberapa tahun tidak kedokter gigi. Tetapi setelah saya menemukan dokter yang cocok dari hasil telaah dan pengalaman keponakan setelah melalui proses perawatan bisa dibilang tidak rutin untuk pemasangan kawat gigi pasca sudah terpasang, tetapi terbukti hasilnya dengan dokter gigi ini menurut saya sangat melayani dan bagus. Ketika saya penasaran ingin dampingi langsung terlihat dari kesan pertama menurutnya jadi menurut saya bagus pelayanan dan perawatannya. Dari hasil beberapa kali kami kunjungan perawatan, pencabutan gigi susu, serta pemasangan kawat gigi untuk anak kami, Menurut dokter Indria cara terbaik merawat gigi adalah:


1. Perawatan gigi di lakukan minimum 6 bulan sekali

2. Karang gigi bila tidak dibersihkan akan merusak email dan gigi menjadi kuning dan berbau
3. Bila terjadi bolong kecil pada gigi, sebaiknya lekas di rawat dan di tutup permanent agar tidak merusak pertumbuhan dan kecantikan gigi

4. Untuk yang anak yang masih memiliki gigi susu, dan mengalami gigi bertumpuk dan tidak teratur ternyata tumbuh lagi gigi permanet hingga mengimpit gigi susu, bila di biarkan gigi susu tersebut akan kokoh dan buat rusak posisi gigi serta bentuk wajah. Sebaiknya lekas ke dokter gigi.

5. Untuk anak yang ingin memakai kawat gigi sebaiknya di rawat/digunakan ketika jelang pra-remaja atau usia SMP karena bentuk gigi dan sudah semestinya di servis agar wajah terlihat indah.

6. Perawatan kawat gigi meski rutin dilakukan dan berlanjut check up tiap aturan dokternya.

7. Bagi gigi yang hilang sebaiknya lekas di pasang gigi palsu pasang permanent, agar bentuk gigi lainnya tidak rusak karena efek dari kekuatan gigi penyanggah lainnya tidak mendukung, dan akan merusak estitika gigi juga wajah.

Dokpri: Pemberian Soevenir dari drg. Indria


Nah, gini saya berikan tips kenapa meski lakukan perawatan gigi secara berkala. Misalnya untuk sekali kunjungan Rp. 250.000/kunjungan perawatan membersihkan gigi tiap 6 bulan, bila di bagi 6 bulan sebenarnya gak berat. Yang berat itu langkah kaki ke dokter gigi sama ada saja beloknya ke urusan lainnya, ya gak?😋 

Dokpri: Perawatan sebelum pemasangan kawat gigi


Buat teman bertempat tinggal gak jauh-jauh dari area Bekasi Pondokgede, Jatimakmur, di titik Jati Warna, saya referensikan dokter cantik dan baik hati sabar sabar melayani pasien, nama nya dokter Indria pemilik langsung Klinik Indria, mudah ke lokasi cukup klik ini: Lokasi goggle map KLINIK INDRIA  lanjut di arahkan ke lokasi. Keponakan saya saja yang tinggal di Tangerang masih bertahan ke lokasi ini meski berjauhan. Untuk biaya, fasilitas serta kualitasnya menurut saya paling bersahabat dan terbukti kualitasnya jika saya bandingkan 3 tempat dokter gigi lainnya yang pernah kami lakukan perawatan gigi di sana. Selain itu dokter Indria dengan cekatan dan detail menjelaskan serta menginformasikan proses perawatan serta kontinue-nya bagaimana setelah itu. Dan tidak segan untuk menjawab pertanyaan pasien. Maka sebaiknya bila mau berobat lakukan konfirmasi atau datang lebih awal supaya di layani lebih dahulu. Yu, sama-sama sayangi gigi kita.

Dok.Pri: Tampak depan Klinik Indria