Kamis, 03 September 2015

Siswa SD Belajar Sambil Bermain

Mengajar siswa SD
Siswa maunya bukan di ajar tapi di ajak "sharing"...

Jaman waktu saya jadi siswa kalo waktu pelajaran harus fokus liatin gurunya terus, gerak ngak boleh kebanyakan... kalo nga kapur melayang atau berdiri dipojok hukuman. Setelah sekarang jadi guru berasa bedanya, mereka lebih kritis dan lebih sering kepoin guru. Sudah seharusnya mereka pun dihargai, Mereka juga anak-anak dan teman-teman saya.... sewaktu mengajar meski ada ucapan: "teman-teman, kalau nga diperhatiin guru meski bilang: mohon maaf, mohon perhatikan sebentar"... nah giliran bener-bener nga diperhatiin karena asik becanda or ngobrol...cara berikutnya cukup ajak mereka berinteraksi buat ikut pembelajaran.

Namanya anak-anak tetap anak-anak. Ada ajah mainan yang dimainin pas belajar, tapi setelah diperhatiin ternyata itu cara merekanya buat "senam otaknya" apalgi buat anak kinestetik alias yang ngak bisa diam,  saya nga akan hukum mereka buat berhentiin permainan or sita mainannya or sampai marahin dengan ucapan yang nga sebaiknya mereka terima. Selagi mainan itu tidak memiliki unsur berbahaya dan berpengaruh buruk. Cukup saya minta mereka buat fokus dulu ngerjain tugas atau perhatiin penjelasan... kalau udah selesai boleh mainin lagi yang penting nga ganggu temennya yang masih ngerjain tugas. Dengan jumlah kisaran 30 siswa dlm satu kelas masing" guru meski cerdas memodifikasi pembelajaran, buat anak nga bosan belajar selama kurun cukup yang cukup lama.

Ini gaya saya mengajar, cara ini ngak tiba-tiba saja saya terapkan kesiswa tetapi saya pelajari dahulu dari kawan-kawan guru dengan cara pengajarannya. Sejauh pelajari, cara saat ini yang menurut saya paling kompeten dikelas. Siswa menjadi ngak jenuh dengan pelajaran yang saya sampaikan.

Bersyukur ini pengaruh dengan nilainyang mereka terima, mereka jadi aktifndalam pembelajaran dan mau mengikutinya dengan hasil berupa nilai angka rata-rata lebih dari cukup. Alhamdulillah!

2 komentar:

  1. hadeuhhh harus ekstra sabar ya mbak mengajar anak-anak, saya pernah sekali mengajar anak SMA, ealah malah diledekin, gak jadi deh balik kanan langsung

    BalasHapus
  2. setuju, siswa sekarang kayaknya lebih suka diajak sharing

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...