Sabtu, 02 Juli 2016

Mencari Cinta Hakiki di Ramadhan Nan Suci


Sahabat Ummi, bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan menjanjikan kepada umat manusia atas segala perbuatan baik dibalas dengan pahala berlipat ganda. Kebaikan-kabaikan dalam perbuatan hingga tidurnya pun adalah ibadah membawa kita agar memaknai ramadhan dengan penuh hikmat dalam segala sikap dan tingkah laku. Ketika dimaknai tidurnya orang berpuasa merupakan ibadah bisa jadi ketika tidur lebih baik dibandingkan melakukan perbuatan yang mengurangi bahkan merusak ibadahnya, seperti bergunjing atau menyakiti orang lain.
 
Didalam setiap tindakan setiap muslim tentunya memiliki makna tersendiri, karena sebagai umat muslim pembiasaan dan perbuatan segalanya diawali dengan niat karena Allah ta’alla-tanpa kecuali. Berikut kiat-kiat menjadikan bulan ramadhan dipenuhi keberkahan:
 
11. Pahami apa itu ramadhan dan apa saja ibadah yang menjadikan keberkahan. Allah menurunkan Al Quran di malam lailatur qad’r, menjadikan ramadhan semakin dipenuhi keberkahan dengan beribadah membaca Al Quran di tambah memaknai makna-makna yang tertulis pada terjemahannya. Bisa dengan mengikuti kegiatan ifhtor jamaah yang diiringi ulasan-ulasan tentang pembahasan isi dan makna yang ada didalam Al quran.

22. Membuat dan menyampaikan kepada Allah segala permohonan/permintaan dar terkecil hingga terbesar. Menyampaikan permintaan kepada Allah dalam bentuk proposal permintaan, dengan menulis segala permintaan kebaikan. Sangat dianjurkan berdoa diwaktu-waktu mustajab yaitu ketika:
-      Waktu ketika berbuka puasa disampaikan segala doa kepada Allah subhannahu wata’alla.
-      Ketika azhan dan Iqomah
-      Ketika sahur
33. Memaksimalkan hidup selama ramadhan dengan dilalukan doa setiap waktu, diantaranya dengan:
-   Berpuasa sebaik mungkin, dengan pikiran memikirkan akhirat dan menjalani dengan penuh ibadah
-   Lalukan semua sholat wajib dan sunnah (sholat witir, tahajud, dhuha, dan lainnya).
-  Banyak membaca al quran, dengan mentargetkan bacaan al quran menjadikan semakin semangat berlomba untuk membaca lebih baik lagi.
-   Banyak berdoa. Berdoa adalah cara manusia berkomunukasi kepada Allah, dengan tidak berputus asa dan khusyuk berharap ridhonya menjadikan setiap ucapan doa membawa semangat positif.
-   Banyak berzhikir. Setiap waktu-setiap saat berzhikir dalam hati membawa ketenangan dalam setiap langkah dan perbuatan.
-    Banyak berinfak. Dari berinfak materi, makanan hingga perbuatan memiliki kebaikan bagi setiap umat manusia, terlebih umat muslim itu sendiri. Allah memberikan nikmat rahman dan rahim bagi seluruh makhluknya, dengan berinfak dan bersedekah Allah janjikan kebaikan bagi jiwa rohani maupun jasmani.
-    Perbanyak silaturahmi. Menjaga tali berpersaudaraan dengan sesama memberikan berkah berkelanjutan, menjadikan hidup penuh makna. Dengan hanya berharap ridho Allah ta’alla akan lebih mendekatkan pada nikmat syukur atas segalah berkah dan ridhoNya.
 
Dokpri: memandang keindahan rahmat Allah di negara Sakura



Allah berfirman:  “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al Hujuraat : 10).

Barangsiapa yang suka dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya, maka sambunglah silaturahim (HR. Bukhari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...