Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Peminjaman Materi Referensi Tesis Perpustakaan UNJ

Jelang proses tesis berlangsung, kepala mulai semakin penat dengan penyusunan tesis yang baik dan bermutu. Berhubung saya lagi penyusunan tesis, diminta sama dosen pembimbing 1 supaya pelajari materi tesis dapat di Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Tadinya dipikir outline yang saya buat sudah langsung disetujui, ternyata di acak-acak, nggak sesuai dengan Model Pengembangan Produk (R & D), Jadilah makin mumet. Judul yang di ajukan sebelumnya masih berupa Penelitian Eksperimen, karena sudah komitmen pembuatan penelitian pengembangan pastinya harus dilanjut penelitian pengembangan.


Akses ke UNJ paling mudah naik Gojek atau Grab bike, jadilah kesana naik Gojek murmer dan cepat sampai. biayanya layak banget Rp. 24.000.- dari Jati Makmur ke UNJ, yah lumayan banget jadi nggak capek berkendara sendiri.

Sampai disana, tanya-tanya sama mahasiswa-mahasiswa yang ramah menjawab. sampailah di tujuan. Tepat dipintu utama, ada petugas berseragam coklat, kebenaran petugas lagi ramai berkumpul kisaran bertiga. Tempat penitipan tas, posisi tepatnya disebelah kiri pintu utama. Syarat naik ke lantai 2 bagian registrasi pengunjung, yang perlu diperhatikan dan di jaga:
1. Menyerahkan identitas diri (KTP)  nanti di tukar dengan kunci loker
2. Mengeluarkan barang berharga, dari tas yang dititipkan di loker, dan dipinjamkan tas transparan 
    milik perpustakaan UNJ

Kemudian naik ke lantai 2, untuk registasi kebagian kunjungan umum. Oiyah sempat bawa surat penggantar dari Kampus buat surat jalan ijin ke perpustakaan, ternyata kata penjaga nggak perlu pakai surat pengantar, cukup katakan pengunjung umum ajah, sudah bisa masuk dengan membayar tiket masuk Rp. 3000,-

Kecuali kalau kesana tujuannya buat penelitian perpustakaan, baru surat ijin penelitian dibutuhkan. Berhubung jam sholat ashar, tanya-tanya tempat sholat terdekat ada dilantai 3. Sampai dilantai 3 dengan Lift disana juga lokasi perpustakaan, tetapi ada tempat sholatnya. Tercengang saya lihat toilet dan tempat sholat yang bersih dan tidak berbau, disediakan tempat wudu dengan kran beda, ada wastafel juga. Jadi betah berlama-lama di Perpustakaan. Letak Mushola 'gak jauh dari tempat sholat dan bersih juga nyaman. Meski ga bersar ruangannya, tapi terjaga kebersihannya. 

Lanjut ke lantai 6 sesuai informasi penjaga, sampai dilantai 6, tempatnya pun nyaman buat membaca dan fokus pembelajaran. Karena pertama kalinya kesana, jadi banyak tanya sama petugas perpustakaan yang ramah dan tidak kesal ditanya terus cara pencarian data di komputer pencarian data. Justru sangat membantu saya sampai paham cara peminjaman sampai pencarian bahan materinya. Kebenaran saya bawa anak yang berusia 6,6 Tahun dan nggak masalah. Disana pun anak nyaman terbawa situasi yang tenang. 


Memang kita hanya dibolehkan membaca dan tidak bisa di copy atau di bawa pinjam, tapi nggak masalah deh, karena sudah peraturannya. Baca sambil nulis yang penting-penting pun nggak terasa sudah 2 jam lebih, dan masih kurang buat kunjungan berikutnya. Memang UNJ keren dan bermutu. Semoga nantinya penerus bisa kuliah di Kampus negeri yang bermutu, seperti halnya UNJ, bikin bangga bila sudah tersusun tesisnya bisa di simpan disana berbagi ilmu dengan peneliti generasi berikutnya, yang kuliah UNJ bahkan di kampus lain, seperti saya dari Kampus As Syafi'iyah dengan bangganya dosen kami menunjukan arah pembelajaran tesis di UNJ.

Semoga sobat yang sama lagi pengurusan tesis or skripsi apalagi disertasi bisa diberi kelancaran, juga saya... aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...