Jumat, 12 September 2014

Menabung Ilmu Disiplin

Anak-anak umumnya mencontoh dan mengikuti aturan yang diterapkan. Satu hal yang membuat saya selalu terdorong untuk buat anak-anak memiliki kegiatan diluar sekolah, adalah agar disiplin mereka terbentuk. Dari kegiatan tambahan mereka jadi bertambah fokus. Contoh Lanika, sejak awal saya memiliki ketakutan bila kegiatan yang saya berikan menjadi beban buatnya. Bukan ambisi pribadi semata, atau memiliki uang berlebih dari Intra (kegiatan eskul diluar sekolah)byang kami sepakati buatnya. 

Pribadi saya lebih menekankan agar rasa percaya dirinya meningkat, dan saya yakini ini mempengaruhi perkembangan otaknya. Dengan otak kanannya yang menyimbangkan otak kirinya memainkan musik. Beberapa kali saya juga membaca buku referensi untuk meningkatkan perkembangan anak sejak dini, satu diantaranya dengan menyukai kegiatan seni. Bila kita menanamkan keyakinan kepadanya, saya yakin anak pun memiliki pertumbuhan baik.
Sebagai seoranf ibu, saya juga bagian dari ibu yang tidak sempurna dalam mendidik anak, tetapi alhamdulillah 4 tahun berjalan perkembangan permainan Piano Lanika semakin baik, terlebih dia memiliki rasa percaya dirinya bertambah. 

Kegiatan lainnya Lani juga ikut sekolah TPA Islam, bekalnya dia kelak untuk masa perkembangannya, karena ilmu ilmu dunia tanpa agama tidak akan berkah.
Bersyukurnya prestasi Lanika disekolah mulai diperhitungan dan menjadi bagian dari Bintang sekolah, saya yakin ini karena disiplin yang meski dibentuk dari sejak dini buat bekal mereka nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...