Kamis, 05 Maret 2015

Rumah Baca

Hari ini Lanika cerita.. senangnya datang kerumah baca kenalanku, aku juga senang punya banyak teman yang bikin duniaku lebih berwarna.

Sabtu lalu undangan Bu Ari ke taman baca keliling kukunjungi dengan membawa mereke, Lani dan Miki. Mereka antusias.. "apa sih taman baca keliling?"  Pertanyaan Lani yang mau tau justru membawa dia dengan pengalaman baru. Senang, sudah pasti... begitunpun aku.

Bu Ari penggagas taman baca biasa memanggilku ms. Vina. Perkenalan kami bermula ketika aku membutuhkan guru Iqro pengganti buat sekolah FK, dialah yang direferensikan guru ngaji Lani. Sesampai dilokasi, biasa saja... yah, memang biasa. Tetapi ada yang buat menjadi luar biasa. Aku bawa anak-anakku, mereka jadinijutan berbaur bersama teman-teman baru yang hidupnya lebih dari kehidupan biasa dibanding anak-anakku. Inilah yang membuatku bahagia, Lani langsung berbaur dan ikut membaca bareng.

Hihi, heem ada yang mengesankan. Duduk bersilaku disambut dua batita lucu.. mereka pinta aku bacain buku dan duduk dipangkuan.

"Bu Ari buat berikutnya ajak aku lagi ya.." pintaku
"Tenang ajah ms... pasti nanti diundang lagi".

Obrolan seru pun mereguh duduk santai kami, sambil aku diperkenalkan dengan team solid taman baca ceria. Ada seseorang gadis yang dulu kekenal sesaat. Jadi senang deh.. justru disini aku malah akrab, Eti namanya. Eti sudah piatu, ayahnya tidak bertanggung jawab dengan keluarga sejak dia kecil. Aku terharu semangat berbagi waktu buat yang lain, dan ini berjalan 3 tahun lebih, mereka tetap solid.

Lanika ketagihan ngumpulnya, meminta buat di ijinkan lagi berkunjung membaca di rumah Bu Ari. "Aku boleh ya ajak teman-teman sekolah jumat ini". Dia ternyata mau berbagi kebahagian bersama teman sekolahnya. Sudah pasti dia bangga bercerita dengan temannya. Seperti hari ini, bahagianya dia bisa ke taman baca Ceria memperkenalkan taman baca ke teman. Meski sederhana, bagiku BunAri pengagas luar biasa, dia sudah mampu memberikan ruang bermain bagi anak-anak untuk cinta membaca.

"Jumat depan aku sama teman-teman boleh berkunjung lagi.. sambil ngerjain PR juga boleh". Putri Bu Ari sambut mereka dengan suka cita.

Semoga aku bisa memberikan sumbangan yang sama buat mereka. Dari impian kecil, sumbangan waktu, tenaga dan sisihkan materi segalanya akan mungkin terwujud. Seperti saat ini.. Lanika jadi suka membaca bukan hanya buku pelajaran sekolah tapi buku-buku yang mulai kusisihkan buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...