Jumat, 22 Mei 2015

Dampingi dan Semangati Masa Depan Anak

Sudah dua tahun berjalan Miki jalanin kegiatan olahraga renangnya. Sempat lewatin pasang surut jenuh, kembang kempis semangat orangtua juga pribadinya.

Papanya selalu mendukung apapun buat perkembangan pendidikan dan sosialnya, "kalau ada uangnya saya pun mendukung". Anak akan nurut apa yang orangtua arahkan, tapi jangan salahkan anak bila ada yang tidak berkenan dihatinya. Saya pelajari gerak-gerik Miki sebelum terjun langsung buat dia menjadi lebih profesional di olahraga renang. Awalnya tujuannya cukup buat menambah kegiatan olahraganya sama kesehatan gejala astmanya. Alhamdulillah, Miki termasuk anak yang gigih. Dia mau mempelajari lebih dalam lagi, tentu dukungan orang tua harus selalu ada buatnya.

Dipikir-pikir benar adanya semangat mereka juga terpengaruh terpompa dari semangat kita yang jadi asisten mereka. Pasang surut situasi dan kondisi, sewaktu Miki dan saya hadapin ketika jenuh menjelma. Sempat beralih club, ngak jauh dari pengaruh pelatih yang kerap kali berpengaruh dengan mood pribadinya. Ditambah kedua anaknya ada misi utamanya untuk berlatih renang, secara sikakak sudah masuk dalam tahap perenang dewasa. Saya pribadi sempat ikuti penasaran hati buat pindah dan merasakan dalam club lain. Club yang cukup terkenal #namanya. Lagi-lagi Miki manut. 

Saya ikuti kegiatan selama 3 minggu, tapi hasilnya tidak sebanding dengan pelatih sebelumnya, yang kami katakan hanya untuk minta jeda waktu istirahat. Miki sudah terbiasa dengan asuhanya. Bagaimana pun jalan yang baik adalah kembali ke asuhannya, dengan caranya. Mungkin saya satu dari puluhan orang yang sempat gugur pikirannya untuk gabung dengan pelatih ini. Tapi kami putuskan buat kembali lagi, terlintas oleh kami.. kami layak untuk berbesar hati mengikuti ritmenya, meskipun Miki dan tinggal beberapa yang masih turut serta, kami menyakini Miki akan besar bersamanya. Dengan kegigihannya, dengan semangatnya.. Saya dan ayahnya akan mengantarkan, membantu mengukir mimpinya kelak, semoga nak! Kamu bagian dari Atlet renang Indonesia yang dibanggakan di Dunia. Aamiin.

Saya tidak akan pernah tahu masa depannya, tetapi saya meyakini disetiap waktu, jerih payah, serta doa, proses itu akan berjalan. Kesabaranmu, nak.. yang akan membawa kamu akan lebih cemerlang disuatu saat nanti. Terbukti, meski Miki sampai saat ini belum paham yang namanya kompetisi, dia sudah mampu buktikan keberhasilannya mengapai juara peringkat 1, 2 dan 3 beberapa kali tingkat junior Bekasi dan Jakarta Timur. 

Satu persatu langkahnya, akan membawanya dalam hobi yang menyenangkan. buat menjadi hasil yang mendamaikan. ribuan jam latihan akan membuktikan Miki menjadi perenang profesional. aamiin.
Dokpri:Mei2015-Miki sudah bisa 4 gaya katanya :)

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...