Sabtu, 26 September 2015

Berqurban, menjalin Ukhuwah bersama SDIT IQRO

Idul Adha tahun ini berasa begitu penuh baroqah, kebersamaan, rasa saling memiliki dalam ikatan saudara sesama muslim begitu erat. Bila ada yang kurang sudah tertutupi bersama indahnya kebersamaan pengorbanan belasan hewan qurban yang rela disembelih di h+2 Idul Adha 1436H.
Allahu akbar, Allahu Akbar... Allahu akbar... labaik Allahumma Labaik...
Begitu indahnya ajaran pengorbanan Allah kepada pengikut Nabi Ibrahim As, Bapak anbiya... hingga hari ini umat muslim diseluruh dunia mengikuti sunnahnya, anjurannya, atas ajaran dan anjuran berqurban. Menandakan agar kita sudi berbagi sebagian cinta kita akan harta kenikmatan yang Allah titipkan.
Siang tadi, bersama-sama merasakan begitu indahnya ukhuwah. Begitu indahnya kebersamaan guru, pekerja jagal, pekerja bersih-bersih/OB-OG, satpam, masyarakat sekitar hingga yang memiliki peranan penting di yayasan juga sekolah. Duduk sama-sama, berdiri sama-sama menjagal, memotong-motong hingga menyisihkan bagian-bagian hewan qurban untuk diberikan kepada  kaum dhuafa dan yang berhak mendapatkan
Menurut data yang diterima dari panitia Qurban (Bapak Erawan), hewan qurban berjumlah:
Up date perolehan hewan kurban per sore kemaren (25 September 2015)  jam 18.30.
5 ekor sapi (sudah hadir semua)
13 ekor kambing
9 ekor domba
Siap disaksikan oleh pemilik untuk dipotong tadi pagi, alhamdulillah dapat diselesaikan dengan hikmat dan penuh kebersamaan dibungkus, insaaAllah terbagi rata hingga kisaran 500bungkus disebar dibagikan untuk yang berhak dan kaum dhuafa.
Sebagian daging qurban dibagikan oleh pihak yang di amanahkan oleh pengqurban, sebagian yang lain dihantarkan langsung kelokasi pemulung.
Alhamdulillah hari ini kami kembali belajar indahnya kebersamaan, saling bahu membahu, serta belajar menyisihkan harta, tenaga serta menjalin ukhuwah, hingga menikmati olahan hewan qurban untuk kami kembali yang telah lelah menyisihkan tenaga bersama siswa, seluruh panitia dan para asisten penjagal. Luar biasa nikmat Allah. 
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman [55] )

وَآتَاكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِن تَعُدُّواْ نِعْمَتَ اللّهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ الإِنسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ ﴿٣٤﴾

“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim [14] : 34)
dok.sekolah: situasi dilapangan SDIT ketika Qurban

1 komentar:

  1. Semoga dengan memahami hukum dan hikmah-hikmah qurban semakin banyak yang tergerak dan sadar bahwa melaksanakan qurban adalah ibadah yang memiliki manfaat besar dalam sosial kemanusiaan

    jazakumullah Khoir
    Global Qurban

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...