Rabu, 16 September 2015

Fun Learning, anak jadi suka baca

"Belajar menyenangkan, aku suka belajar". Gimana caranyanya buat anak suka belajar? 

Dear ayah dan bunda, sebagai orang tua kita meski memahami kemampuan anak untuk fokus dan gimana cara anak senang belajar? Anak-anak dibawah usiah 8 tahun memiliki kemampuan fokus pada pendengar informasi kisaran 10-15 menit, dengam berjalannya waktu kemampuan anak untuk fokus semakin berkembang.

Ada peristiwa terjadi sekeliling kita, ketika memperhatikan kemampuan anak berinterksi terhadap sekitar. Apa yang terjadi? Contoh peristiwa yang mempengaruhi anak-anak dalam kemampuan berbahasa dalam bentuk ucapan dan tulisan, anak 'miskin' kosa kata sangat berpengaruhi pada tugas-tugasnya ketika pembelajaran berbahasa, mereka memiliki kecenderungan menjadi anak melamun, mendengarkan bahkan memerlukan penjelasan lebih detail dengan pendekatan yang lebih 'intens'. Begitu pula ketika mengerjakan tugas-tugas dengan penulisan bahasa, mereka akan memiliki kesulitan lebih dan berujung tekanan mental/stress.

Ada cerita nyata dari murid sekolah kami, satu diantaranya adalah seorang anak laki-laki usia 10 tahun, sejak kecil dia memiliki orangtua super sibuk sehingga putranya sering kali dititipkan ke kakek dan neneknya, hingga beranjak usia SD dengan pola pengajaran standar kakek dan nenek, begitu banyak yang tertinggal dimasa "golden ages" atau usia emasnya. Anak menjadi lambat dan minder, jauh tertinggal dibanding teman-temannya. Anak ini menjadi anak standar pemikirian dan miskin kosa kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...