Jumat, 18 Desember 2015

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri

sobat blogger saya baru aktif lagi nih diblog, pengen buat suasana baru dan tampilan beda diblog, bosan juga lihat warna dan template jadulnya... tapi tetap yang masih standart heemmm hehe....

sekalian mau berbag artikel beberapa waktu lalu di ummi, ini dia...




Sahabat ummi, untuk mengajarkan putra-putri menjadi mandiri di rumah maupun di sekolah butuh proses berkelanjutan, terkadang mudah, di waktu lain sulit. Terpenting adalah perilaku mandiri menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap harinya dan percayakan mereka untuk mampu melakukannya. Berikut tips dan trik sederhana menjadikan putra-putri kita menjadi lebih mandiri di usia sekolah dasar.
1. Biasakan dukung mereka dengan ucapan positif, misal dengan mengatakan: "kamu pasti bisa, nak!"
2. Apapun hasilnya dari suatu usaha mereka, tetap terapkan ucapan dan sikap dukungan, meski ada kegagalan. 
3. Usahakan tidak membandingkan dengan lainnya, anak butuh dukungan bukan pembanding.
4. Jadikan merek sosok positif, bukan pembuat masalah.
 
Baca juga: Tips Jitu Mengajarkan Anak Mandiri, Inilah 4 Hal yang Perlu Orangtua Lakukan!
 
5. Beri contoh sikap dan hasil, terlebih kerjakan suatu target hasil bersama dahulu. Misal tugas dari sekolah berupa pekerjaan rumah, bimbing mereka dengan contoh pekerjaan hingga bimbingan sehingga pada akhirnya mereka mengerti caranya.
5. Sejak dini berilah kebiasaan untuk mengingatkan mereka dalam melakukan sesuatu yang terlupa atau telat dikerjakan, contohnya merapikan tempat tidur, salat tepat waktu ataupun menyimpan baju bekasnya.
6. Libatkan anak-anak dalam suatu kegiatan orang tua yang menyenangkan, contohnya: membersihkan kebun, mencuci piring, membersihkan rumah atau kegiatan membuat kue agar tumbuh rasa empati dan simpati ketika kita membutuhkan bantuannya.
7. Ajarkan anak berdoa sendiri untuk segala harapan, keinginannya di hari esok, agar mereka siap menabung doa untuk masa depannya.
8. Ajarkan mereka berempati dan berjiwa sosial dengan menyisihkan uang jajannya untuk bershadaqoh.
Semoga bermanfaat.

link tulisan:  http://www.ummi-online.com/cara-mendidik-anak-agar-lebih-mandiri.html

0 komentar: