Kamis, 06 Oktober 2016

Jangan buang atau berbagi infomasi Boarding Pass

Dear Reader... Buat yang suka berpergian dengan pesawat.. Patut mengetahui info berikut...

Sharing dari WA *✈Travel Tips✈*

*Bahaya* ,
*🚯Jangan Buang "Boarding Pass" Sembarangan🚯*

Minggu, 2 Oktober 2016
KOMPAS.com - Jangan hanya menjaga paspor atau bagasi Anda saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.Boarding pass Anda yang biasanya hanya dicetak di selembar kertas kecil pun harus dijaga. 

*Kertas boarding pass sering kali dipandang sebelah mata. Sudah banyak beredar saran untuk tidak unggah foto boarding pass di dunia maya, terutama "memamerkan" di media sosial, sesaat dan selama perjalanan* . 

*Namun* , *Anda pun tetap perlu memperhatikan boarding pass bahkan ketika perjalanan itu sudah selesai* . *Dalam sebuah boarding pass termuat informasi nama penumpang, kode penerbangan, destinasi dan keberangkatan, nomor kursi, hingga nomor gate* .

Banyak orang menganggap ketika perjalanan sudah usai, kertas boarding pass ini pun sudah bisa dibuang karena sudah "basi".

*Ternyata, barcode pada kertas boarding pass memuat informasi pribadi mulai dari nama, alamat rumah, email, hingga nomor telepon. Barcode ini juga memuat akunfrequent flyer Anda, sehingga seoranghacker dengan mudah bisa mengetahui sejarah perjalanan Anda hingga kartu kredit* 

Cara mengetahuinya mudah saja. Barcodepada kertas boarding pass cukup difoto dan dipindai di situs-situs online pembacabarcode (barcode reader online) ataupun aplikasi pembacaQR code. Informasi berharga ini bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk kejahatan. 

*Oleh karena itu, pastikan Anda mengamankan boarding pas sebelum, selama, dan bahkan setelah penerbangan. Jika Anda mau membuangnya, robek-robek terlebih dahulu, hingga seseorang sulit untuk menemukan barcode. Ada baiknya sebelum* *merobeknya* , *Anda coret terlebih dahulu barcode dengan spidol hitam. (Elitereders.com)*

Editor: Ni Luh Made Pertiwi
✈🛫🛬🛩

1 komentar:

  1. dulu pas kuliah, salah satu dosen information management pernah bilang soal ini... jgn anggab enteng barcode yg ada di boarding pass, ato kartu2 magnetic stripe, bahkan yg menggunakan chip di kartu debit dan kredit misalnya.. juga d kartu2 akses masuk ke kamar hotel.. krn semua itu ada informasi ttg kita .. yg gampang aja di bobol ama ahlinya.. makanya aku slalu merobek dan ga pernah fotoin boarding pass tiap kali traveling.. ga penting juga sih ;p.. mendingan foto pas udh sampe di tujuan yak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, tambah berkesan bila bersedia tinggalkan pesan, kritik dan saran buat tulisan saya...