Jumat, 19 Juli 2019

Kewajiban Orangtua Kunjungi Santri Mondok

Semenjak si sulung mondok di Pesantren Husnul Khotimah (HAKA) kami selalu sempatkan untuk travel santai dan menikmati aneka ragam tempat wisata di Kuningan dan Cirebon. Perjalanan menuju Kuningan selalu kami lakukan di tengah malam agar terhindar dari hiruk pikuk kendaraan dan kemacetan dan sampainya lebih tenangas sehingga di waktu subuh sudah bisa sholat di rest area dekat Kuningan. Melakukan perjalanan di waktu malam sebenarnya sedikit beresiko ngantuk, tapi ada tips khusus supaya ga ngantuk, kami selalu siapkan energi untuk tidur lebih dahulu, terutama untuk suami di tengah malam untuk bersiap diri berkendara, bila tidak ada hambatan dari Jatimakmur- Bekasi 4 jam perjalanan tiba di lokasi Pesantren Husnul Khotimah.





Setelah sampai di keluar Kuningan kendaraan berbelok ke jalur kiri melewati restourant Klapa Manis, Kisaran 20 menit akan tiba di pondok HAKA. Kebiasaan kami bila menengok si sulung selalu membekalkan diri untuk membawa cemilan di pondok untuk kawan pondok Lani, dan sempatkan berbagi dengan musrifah. Mereka bahagia bukan karena jenis makanannya tetapi ada kebahagian tersendiri bila ada kawan lain di jenguk oleh kehadiran orang tua seperti tergantikan untuk sementara serta dengan perhatian oleh-oleh saling mencicipi.  Hari itu juga kami urus perijinan bulanan jatah santri liburan bermalam bersama orangtuanya. Sebenarnya Haka memberikan ijin menginap untuk santri tanpa surat ijin bila keluarga santri menginap/menyewa di pondokan area/komplek pesantren,. Berhubung kami menginap di Cirebon, maka meski lewat aturan berlaku dengan surat ijin. Esoknya bila hari sekolah kami meski antar setelah sholat shubuh agar tidak terlambat siap bersekolah.

Setelah mendapatkan perijinan lanjut perjalanan kami menuju ke Cirebon untuk kesekian kalinya dan nggak pernah bosan. Mobil berlaju ke Jalur Cilimus - Cirebon/Jalur Lohbener-Cirebon/Raya Cirebon Cilimus dengan mengikuti Jalur Cilimus - Cirebon dengan jarak yang di tempuh kisaran 36 km.


Beberapa hari sebelumnya sudah dipersiapkan pesan menginap di hotel Cordela Cirebon supaya nggak dadakan dan gak kehabisan kamar di hari yang di inginkan, dengan bantuan pemesanan di Traveloka harganya jujur di bawah harga pemesanan langsung, dan yang bikin bahagia harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi. Suasana hotel dengan harga yang bersahabat membuat kami betah dan menjadi referensi hotel favorit di Cirebon.

Lokasi Hotel Cordela sangat strategis berada di pusat kota, dan dekat kemana-mana, mau ke pusat jajanan tinggal berjalan kaki ke area terdekat, mau menikmati kuliner Cirebon sekitarnya juga mudah menjangkaunya. Ruang parkirnya yang luas bisa di samping, depan atau basement bikin kenyamanan tersendiri. Selain itu yang buat beda adalah toilet-nya, simple dan elegan model tabung gitu tapi didalamnya nyaman dan bersih.

Untuk yang suka berkuliner ria, di dekat lokasi bisa di jangkau tempat makan, diantaranya:

1. Sate Kalong - Drajat Kasambi
2. Nasi Jamblang Khas Cirebon - Sega Jamblang Nok Dewi
3. Rumah Makan Ayam Goreng Bahagia

Pagi hari paling enak berburu makanan pinggir jalan menuju pasar, di sana bisa ditemukan serabi kaki lima dengan topping berbeda, ada topping oncom di beri potongan  cabe rawit sewaktu di makan selagi hangat bikin nikmat. Ada juga pilihan lainnya, gorengan bakwan atau juga tahu. Penasaran? kalau begitu selagi ke Cirebon ingat liburannya, nggak meski budget makanan mahal, yang murah banyak di sana.





0 komentar: