Selasa, 06 Agustus 2019

Kecantikan dan Eksostisme Wisata Bandung Curug Malela


Wisata Curug Malela:
Alamt: Sindagjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat


Rute   : 



Dokpri: Curug Malela 

Hallo Traveler's, kali ini saya akan berbagi pengalaman sewaktu jalan-jalan ke Curug Malela.  Letaknya di kawasan Bandung Barat, air terjun Malela atau biasa di sebut dalam Bahasa Sunda Curug Malela menawarkan keindahan eksostisme tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati keasrian suasana serta letak misterinya bersembunyi sangat indah di antara lembah. Curug Melela merupakan pilihan terbaik wisatawan bila berada di kawasan Bandung untuk menikmati keindahan wisata air terjun. Bersumber dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, merupakan satu di antara gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati kemudian mengalir melintai sungai Cidadap –Gunung Halu. Bila sedang beruntung ketika berkunjung, wisatawan bisa melihat monyet-monyet ekor panjang turun untuk minum air di bawah curug Malela.
 
Dok.Pri: Aliran curug Malela cukup deras di antara bebatuan
Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar kisaran 70 meteran, serta memiliki 5 buah jalur air terjun dan terlihat sekali keindahan dan eksostisme-nya. Pengunjung harus sabar diri berjalan melalui jalur jalanan terjal untuk menuju kesana, ada juga jasa ojeg bersedia mengantar dekat lokasi tujuan atau kembali setelahnya. Sebaiknya teman tidak berkunjung ketika musim hujan, karena jalanannya yang terjal dan masih di dominasi tanah menurun karena melewati perbuktikan, memungkinan untuk ketidaknyamanan dalam perjalanan. 

Sebelum kita sampai di lokasi, sobat bisa melihat dari kejauhan di antara lembah berupa keindahan 5 baris turunan air terjun di sinari cahaya matahari, terlihat begitu menawan dan bikin berharap lekas sampai lokasi. Air terjun ini masih di kategorikan air terjun perawan, karena belum banyak wisatawan berkunjung kesana, mungkin karena lokasi yang begitu rawan dan jauh hingga wisata banyak yang belum berharap kesana, padahal indah banget. Untuk kondisi penjagaannya pun belum begitu terjaga baik, saat itu ketika saya berkunjung Bapak penjaga dan petugas lainnya menginformasikan kawasan ini di jaga masih oleh warga, petugas pemerintah hanya satu orang mengawasi dan tidak penuh waktu. Papan petunjuk lokasi masih sangat sederhana termasuk ristribusi tiketnya. Tanpa loket. Kisaran trekking membutuhkan waktu 30-1 jam ke lokasi, dengan melewati area bebatuan dan jalanan sebagian setapak. Tetapi rasa lelah dan letih terbayarkan, ketika mendekati lokasi suara gemuruh air memanggil dan menyapa dengan indahnya. 
Dok.pri: Jalur awal dari area parkiran

Niagara Mini Indonesia
Dengan memiliki 5 jalur air di atas ketinggian kisaran 70 meter, Curug Malela mendapatkan julukan Niagara Mini yang berada di Indonesia. terletak di antara keindahan pengunungan membuat semakin cantik terlihat. Sebagai informasi tambahan harga tiket masuk air terjun Melela Rp. 10.000.-/orang dengan biaya parkir kendaraan roda empat Rp. 5.000.-/kendaraan, sedangkan motor Rp. 2000.-/motor. 
Dok.Pri: Area terjal menurun menuju Curug Melela

Bagi teman yang ingin mengurangi rasa lelah berjalan, di sana biaya gojek di kenakan kisaran Rp. 10.000.- tetapi belum sampai di lokasi persisnya, meski harus jalan karena area berikutnya tidak bisa di lewati motor karena jalurnya hanya kisaran lebar 1 meter. Perjalanan dari area parkir menuju lokasi curug Malela kisaran 1 km. Ok, teman siapa yang penarasaran langsung ajah di rencanain liburan berikutnya berlibur ke sana. Untuk lebih lengkap lagi informasi aksesnya teman bisa baca-baca juga di Website. Wisata Kang Dian tentang Tempat Wisata Bandung Curug Malela

Dok.pri: Terlihat keindahan Niagara Indonesia di Curug Melela


0 komentar: