Selasa, 24 September 2019

Cara Bijak Saku Pasang Kanopi di Rumah

Dokpri: Atap Alderon dengan baja ringan


Hai viewer, apa kalian yang termasuk lagi mencari referensi informasi pemasangan kanopi rumah. Saya iyah beberapa pekan. Awalnya beberapa bulan lalu penginnya pasang kanopi kaca tempered, hitung-hitungan budget dan bakal pasang di waktu yang tepat. Referensi nanya-nanya sudah ada, dari informasi online. Harganya menurut saya cukup bersahabat, tapi berhubung di ingatin kakak untuk kaca itu sensitive, rentan pecah kalau ada benda berat jatuh di atasnya, benar juga sih.

Dokpri: lumayan rapih dan berkualitas


Pengalaman pasang kanopi untuk rumah di bandung dengan material atap polycarbonate ternyata di kasih besinya besi gak berkualitas, kenapa bisa bilang gak berkualitas? Bisa di tes pas di pegang dan di sentuh plus di bunyikan terasa kopongnya, dan terlihat gak professional karena ngecatnya berantakan dan semaunya. Terlihat juga sambungan besinya gak rapih. Kecewa deh! Berhubung sudah punya pengalaman dari penjual jasa pemasangannya yang pintar bicara berdalih di kenalkan dari kolega, tetap kehati-hatian yang utama. Pasang kanopi di belakang rumah di Bekasi juga sama, dapatnya kualitas yang gak bagus, karena waktu itu belum ngerti-ngerti banget, gak punya banyak kenalan pasang kanopi, akhirnya di bongkar di ganti di tempat gudang konopi dengan besi hole besar, lebih paten. Yang ini kejadiannya lebih awal di banding rumah Bandung. 

Nah saran saya dari pengalaman dan kejadian  yang pernah saya alami ada pertimbangan dan kehati-hatian yang meski di cermati, di antaranya:

11. Cari/temuin beberapa referensi yang bisa di dipertimbangkan kualitasnya untuk jasa kanopi dan  perbandingan harga  
22.  Bila merasa cocok dengan referensi online, saya juga pernah dan tidak ada menipu ada pemasangan pintu alumunium. Tapi kehati-hatian perlu. Kalau saya tanyakan bengkelnya di mana dengan mengetahui bengkel dan lokasinya kita akan lebih aman, juga untuk pembayaran bertahap.

33. Perihal pembayaran awal, sebaiknya pembayaran bisa dengan jumlah di bawah 50% agar terjaga keamanannya.

44. Pastiin pesanan tercatat di rincian pesanan, supaya kalau terjadi yang tidak di inginkan bisa di komunikasikan. Atau misalnya lewat WA komunikasinya tertulis, supaya ada bukti obrolan. Kalau lewat telpon khawatir ada yang mendadak lupa dengan perjanjian.

55. Awasi tiap kali pemasangan, kejadian yang di rumah  Bekasi awal pindahan gak sempat lihat pemasangan, tahu-tahu kualitasnya terlihat setelah setahun berjalan, jelek! dan meski di ganti baru.

66. Kejadian juga di Bandung, ketika minta bantuan keluarga atau saudara belum tentu sesuai harapan kita yang ada sama saja. Makanya bila ingin sesuatu hasilnya memuaskan baiknya pemesan langsung terjun kelapangan sewaktu-waktu bisa lihat proses dan materialnya.

77. Nah, saya baru saja pasang kanopi dari referensi kakak. Menurut kakak saya di kasih harganya mahal. Tapi  setelah saya lihat di harga online dengan hasil yang ada setelah proses dan pemasangan, layak deh. Sesuai harapan, tapi meski di ingatin boss kanopinya. Karena ada bagian-bagian yang gak sesuai harapan ketika di pasang. Syukurnya ada uji coba dahulu di lantai dua kucurkan air, ternyata bocor. Si tukang salah posisi pasang, akhirnya di akalin dengan membolongkan memasukan pipa di bagian Alderon yang bergelombang di siku L.

Dokpri: ini yang di maksud siku L, akhirnya di akalin supaya ga rembas


Untuk kejadian point 7, sengaja saya gak lunasi pembayaran sampai ia menyelesaikan tanggung jawabnya, sempat pengin buru-buru selesai tidak di bersihkan dan belum saya pantau secara keseluruhan, kejadian sore suami bersihkan lantai dan balkon, ternyata di balkon airnya ngerembes bocor di sela kanopi, nah situlah saya kecewa, nyambar ke warna aquadrop yang timpang dengan warna kanopi, meski gak terlihat dari bawah tapi bila dari balkon gak enak di pandang dengan warna yang tak sepadan. Termasuk membersihkan cat tiap lantai yang terkenca cipratan noda cat. Baru deh, jika kita sudah puas bisa langsung melunaskan. Untuk kalian yang ingin tahu harga per meternya bisa komentar, nanti saya balas. Semoga kanopi pilihan viewer pun sesuai harapan. Titip pesan, tetap waspada ketika pemasangan, harus di awasi.


0 komentar: